Cara Setting Email di Microsoft Outlook 2007 / 2010

Berikut ini adalah  cara melakukan setting Email Melalui Outlook 2007 / 2010 yang sudah saya praktekkan dan berhasil. Dalam tutorial kali ini, saya menggunakan aplikasi Microsoft Outlook 2007, untuk Microsoft Outlook versi yang lain saya rasa langkah-langkahnya secara prinsip hampir sama.
Baiklah, mari kita mulai langkah-langkahnya.............
1.     Jalankan Outlook.
2.     Saat pertama kali, membuka outlook anda akan ditampilkan menu untuk mendaftarkan Account anda.
4.     Isi Email Account anda.
5.     Klik untuk memilih kotak centang Manually configure server settings or additional server types, dan kemudian klik Next.
6.     Klik Internet E-Mail, dan lalu klik Next.
7.     Selanjutnya akan muncul kotak dialog Add New E-mail Account.
8.     Konfigurasi akun email baru. Untuk lebih amannya, saya menggunakan konfigurasi secara manual.


Penjelasan Cara Konfigurasi Email Outlook Manual

1.     Dalam kotak User Information, ketika nama dan email Anda .
2.     Dalam kotak Account Type di bawah Server Information, klik untuk memilih jenis akun email yang Anda miliki. Pilih POP3 (Post Office Protocol 3), dan biasanya sudah dipilihkan oleh aplikasinya sendiri.
3.     Dalam kotak Incoming mail server, ketik nama server. Ini adalah server yang menyimpan pesan email Anda sebelum Anda mengunduhnya ke komputer. Ketik nama server dalam huruf kecil. Nama ini biasanya dalam bentuk seperti “mail.domain anda.com.”  Berhubung saya menggunakan domain ”000webhostapp.com”, maka saya tulis dalam bentuk “mail. 000webhostapp.com“.
4.     Dalam kotak Outgoing mail server (SMTP), ketik nama server untuk email ke luar. Ketik nama server dalam huruf kecil. Namanya bisa disamakan dengan Incoming mail server, yaitu dalam bentuk “mail. 000webhostapp.com“.
5.     Di bawah Logon Information, ikuti langkah berikut:
v  Pada kotak User Name, ketik nama pengguna Anda. Nama pengguna biasanya merupakan bagian dari alamat email yang di sebelah kiri dari tanda (@). Dalam hal ini saya mengisinya lengkap dengan nama email saya, supaya memudahkan saya ketika hendak mengenali folder penyimpanan akun email ini
v  Pada kotak Password, ketik kata sandi dari “Email Account” anda.

v  Jika Anda ingin Outlook mengingat kata sandi akun email, klik untuk memilih kotak centang Remember password.
6.     Jika hosting / ISP Anda memerlukannya, klik untuk memilih kotak centang Require logon using Secure Password Authentication (SPA) untuk masuk / login menggunakan otentikasi sandi aman.
7.     Untuk membuat perubahan tambahan akun email Anda, klik More Settings untuk membuka kotak dialog Internet E-mail Settings.
8.     Bila sudah selesai Klik Next,
9.     Dan kemudian klik Finish.

Selamat Mencoba :) .......
Bila ada kesalahan atau kurang paham bisa comment ke akun saya.......

Share this

Related Posts

First